Resep dan Cara Membuat Panettone Khas Natal

Menu ini Berada Pada Kategori Resep Kue Kering

Resep dan Cara Membuat Panettone Khas Natal – Indonesia memiliki beragam masakan khas yang patut untuk dilestarikan. Masakan khas Indonesia ini tidak hanya terdiri dari makanan inti saja, tetapi banyak sekali jajanan kue khas Indonesia. Makanan inti seperti berbagai macam sayur-sayuran, tumis, tongseng, gulai, dan yang lainnya selalu diolah dengan rempah dan bumbu yang melimpah. Lalu berbagai macam jajanan khas Indonesia juga diolah dengan bahan makanan dan cara yang khas dan tradisional. Mencicipi masakan Indonesia bisa dibilang seperti berwisata kuliner di surga. Tidak percaya? Coba saja masak resep aneka masakan Indonesia tentang kue dari Resepaneka.info yang akan dipaparkan berikut ini.

Panettone Khas Natal yang lezat

Bahan A

350 gram tepung terigu ( pilih yang tinggi protein)
20 gram margarin
45 ml air
1,5 sdm gula pasir
2 butir kuning telur
6 gram garam

Bahan B

200 gram tepung terigu ( pilih yang berprotein tinggi)
2 butir kuning telur
7 gram fermipan
110 ml air
1 sdm mentega cair

Cara membuat Panettone Khas Natal

Untuk membuat resep cara membuat panettone khas Natal maka berikut langkah-langkahnya:

Langkah bahan A dan B

Buat adonan yang terdiri dari margarine, telur dan air kemudian aduk-aduk hingga merata. Buat adonan tersebut kasar dan sedikit basah.
Buat bahan B menjadi adonan berupa tepung terigu, kuning telur, fermipan, air, kemudian aduk hingga rata dan menjadi adonan yang menyatu. Untuk mengaduk bahan B, Anda bisa menggunakan mikser, caranya tinggal memasukkan semua bahan dan tunggu bahan tercampur selama 10 menit saja. Setelah bahan tercampur maka tutup adonan tersebut dengan kain bersih selama setengah jam.

Langkah selanjutnya

Setelah kedua bahan yaitu bahan A dan bahan B diolah maka langkah selanjutnya adalah dengan mencampur bahan A dan bahan B kemudian uleni hingga kedua bahan tersebut tercampur merata. Adonan yang telah jadi bisa dituangkan dalam tempat datang yang telah ditaburi oleh tepung.
Pipihkan adonan kemudian taburi dengan buah kering pada permukaannya, campur adonan dengan buah kering tersebut hingga merata dan pastikan buah kering tidak lepas dari adonan. Setelah itu buat bulatan-bulatan kecil dan taruh pada cup. Tutup adonan yang telah dimasukkan dalam cup selama 30 menit agar mengembang. Setelah itu panggang roti selama 30 menit hingga 45 menit.
Keluarkan panettone dari pemanggang dan kue Natal ini siap dihidangkan.

Untuk keluarga, memilih makanan sehat untuk dimakan anggota keluarga namun praktis dan juga lezat seperti Panettone Khas Natal ini pastilah menjadi pilihan setiap wanita di rumah. Dengan varian masakan rumah yang berbeda setiap harinya, akan membuat anak dan suami merasa betah makan di rumah sehingga mereka tidak perlu lagi menghabiskan uang mereka untuk makan masakan di luar, yang mana belum diketahui dengan baik kandungan serta kelayakan makanan yang dibeli dari luar tersebut. Oleh karena itu, para ibu ataupun istri haruslah pintar dalam menarik anggota keluarga untuk makan masakan rumah. Salah satu cara untuk mendapat variasi yang berbeda setiap harinya adalah dengan menggunakan buku resep masakan sehat.

Resep dan Cara Membuat Panettone Khas Natal | kurnia | 4.5