Resep Bika Ambon Khas Medan Praktis

Menu ini Berada Pada Kategori Kumpulan Resep Masakan

Resep Bika Ambon Khas Medan Praktis – Ambon bukanlah merupakan daerah yang terletak di kawasan medan namun jangan heran jika anda menemukan penganan khas medan bernama bika ambon karena nama ambon yang diambil dari nama belakang kue bika ambon ini bukan sama sekali merujuk kepada nama kota melainkan merujuk kepada satu jalanan bernama ambon yang ada di kawasan medan sehingga dinamakanlah kue bika ambon.

Penganan kue bika ambon khas medan adalah olahan dari bahan dasar tepung sagu, tepung terigu, air kelapa, santan, telur, gula, garam dan vanili yang dicampur satu menjadu adonan kue kemudian dipanggang matang dalam oven. Bagi yang hobi sekali membuat kue, anda dapat menyimak cara pembuatan kue bika ambon ini dalam sajian resep praktis membuat bika ambon khas medan berikut ini.

Resep Bika Ambon Medan

Bahan-bahan

  • Tepung sagu 300 gr
  • Tepung terigu 100 gr, protein sedang
  • Air Kelapa muda 200 ml
  • Ragi instant 11 gr
  • Santan kelapa kental 600 ml
  • Kuning telur 15 butir
  • Vanili 1 sdt
  • Garam halus 1 sdt
  • Gula pasir 450 gr

Cara Membuat Penganan Khas Medan Kue Bika Ambon

  1. Tuang dalam satu wada adonan bahan kue bika berupa ragi instan dan tepung terigu sebanyak 100 gr. Kemudian aduk sampai tercampur rata.
  2. Selanjutnya tambahkan campuran tepung terigu dalam wadah adonan dengan bahan lain yaitu air kelapa muda sebanyak 200 ml. Aduk kembali campuran bahan ini sampai menjadi adonan kue. Biarkan adonan dalam wada sampai 15 menit lamanya.
  3. Sementara itu, tuangkan dalam wadah adonan yang lain bahan berupa vanili, garam, gula pasir sebanyak 400 gr. Aduk nbahan-bahan ini sampai tercampur merata. Kemudian tambahkan kembali ke dalam campuran gula ini bahan lain yaitu telur ayam sebanyak 15 butir. Pecahkan secara bertahap sembari diaduk rata.
  4. Setelah adonan dalam wadah ke dua ini selesai dibuat, selanjutnya ambil wadah yang berisi adonan pertama lalu campurkan ke dalam adonan dalam wadah kedua. Selain itu, campurkan juga ke dalam campuran adonan ini bahan lain yang belum digunakan yaitu tepung sagu sebanyak 300 gr. Aduk merata.
  5. Kemudian siram adonan dengan santan kelapa kental sebanyak 600 ml dan aduk kembali sampai merata. Setelah itu, hasil campuran adonan ini disaring agar tercampur secara merata lalu biarkan dalam wadah hingga 2 jam lamanya agar mengembang.
  6. Setelah menunggu selama 2 jam lamanya, saatnya untuk memindahkan adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi minyak sebelumya. Kemudian masukkan ke dalam pemanggangan. Tunggu sampai adonan kue bika ambon ini matang dengan ciri warnanya berubah menjadi kuning kecoklatan.
  7. Keluarkan kue dari pemanggangan setelah matang dan kue bika ambon sudah dapat disajikan.

Supaya lebih tertata rapih dan mudah untuk dikonsumsi, kue bika ambon yang sudah dipanggang matang ini kemudian dipotong-potong hingga menjadi beberapa bagian.

Resep Bika Ambon Khas Medan Praktis | Asih Kurniasih | 4.5