Resep Daging Angsa Panggang Gurih

Menu ini Berada Pada Kategori Resep Daging

Resep Daging Angsa Panggang Gurih – Diantara hewan bertubuh kecil sedang dengan leher cukup panjang dan termasuk pada jenis burung air yang tidak lihai terbang seperti burung biasanya namun pandi berenang adalah angsa. Angsa yang memiliki tampilan seperti bebek ini memiliki ciri khas umum yaitu pada bagian bulunya yang identik dengan warna putih serta paruhnya yang berwarna kuning.

Seperti halnya bebek, angsa juga dapat dimanfaatkan dagingnya untuk dikonsumsi dan diolah menjadi berbagai aneka masakan lezat. Salah satu dari olahan daging angsa yang biasa disajikan adalah daging angsa panggang. Olahan masakan ini cukup sederhana yaitu dengan hanya membersihkan daging angsa dari bulu-bulu dan bagian organ dalamnya yang tidak akan diolah lalu melumurinya dengan campuran bumbu kemudian memanggangnya sampai matang.

Dalam olahan sajiannya, racikan daging angsa panggang ini dapat dikombinasikan dengan buah apel seperti apel malang yang diiris lalu disisipkan pada bagian dala perut angsa sebelum dipanggang. Kemudian pada penyajiannya hasil pemanggangan daging angsa ini dipotong-potong hingga menjadi beberapa bagian kemudian dihidangkan bersama pelengkap saus sedap. Berikut resep daging angsa panggang gurih yang dapat anda coba di rumah.

Bahan-bahan Masakan

  • Daging angsa muda 1 ekor, bersihkan
  • Garam halus 1 sdm
  • Merica halus 2 sdt
  • Maryoram 1 sdt, tersedia di supermarket
  • Saus magi 3 sdt
  • Merica bubuk 1 sdt
  • Apel malang 500 gr, buang kulitnya dan iris-iris

Bahan Pelengkap Masakan (Saus)

  • Minyak 4 sdm, dari lemak angsa
  • Kaldu 50 cc
  • 100 ml susu cair 2 sdm
  • Cabe bubuk 1 sdt
  • Merica bubuk 1 sdt
  • Tepung maizena 1 sdm + air

Cara Memasak Daging Angsa Panggang Gurih

  1. Satu ekor daging angsa muda yang sudah dibersihkan kemudian dicampurkan dengan merica, saus maggi, mayoram, merica dan garam serta campuran bahan bumbu ini juga disisipkan pada bagian dalam rongga angsa. Setelah itu tunggu hingga 15 menit lamanya sampai campuran bumbu tersebut menyerap ke dalam daging angsa.
  2. Selanjutnya siapkan apel yang sudah dikupas kulitnya dan juga sudah diiris-iris, kemudian sisipkan irisan apel ini ke bagian dalam pada peut angsa dengan cara merobek sedikit kulit dibagian perutnya lalu memasukan irisan apel ke dalamnya dan menutup rapat kembali sobekan tersebut dengan cara dijait. Penjaitan ini bertujuan agar irisan apel yang sudah disisipkan ke dalam rongga bagian perut angsa tidak berhamburan keluar saat pemanggangan nanti.
  3. Setelah penyisipan irisan apel selesai baru kemudian daging angsa dipanggang di atas bara api sampai matang dan berwarna gelap. Daging angsa yang dipanggang akan mengeluarkan banyak minyak yang dapat ditampung dalam wadah untuk disisihkan.
  4. Angkat daging angsa panggang jika sudah matang kemudian lepaskan jahitan di perut angsa.
  5. Daging angsa panggang sudah dapat dihidangkan bersama dengan pelengkap saus.

Untuk membuat pelengkap saus pada sajian angsa panggang ini, anda dapat menyimak tata cara pembuatannya seperti berikut ini.

Cara Membuat Pelengkap Saus

  1. Siapkan kaldu dan minyak kemudan campurkan menjadi satu.
  2. Kemudian campurkan ke dalam campuran minyak dan kaldu ini bahan lain seperti merica, cabe, dan susu cair atau cream. Aduk merata lalu masak hingga mendidih dan matang.
  3. Setelah itu, tambahkan tepung maizena ke dalam campuran bahan saus lalu aduk sekali lagi hingga larut dan teksturnya mengental. Angkat dan sisihkan.
  4. Siapkan piring saji lalu bagi daging angsa panggang hingga beberapa potong lalu tuangkan pada piring saji yang sudah disiapkan dan lengkapi dengan siraman saus pelengkap yang telah dibuat.

Selamat menikmati sajian spesial daging angsa panggang!

Resep Daging Angsa Panggang Gurih

Resep Daging Angsa Panggang Gurih

Resep Daging Angsa Panggang Gurih | Asih Kurniasih | 4.5